Mengurus Visa Taiwan (Kedua Kalinya)

Tahun 2016 pertama kali saya mengurus visa Taiwan, seperti yang  pernah saya tuliskan di sini. Tahun 2018 ini saya akan berkunjung kembali ke Taiwan, dan saya mengurus visa secara mandiri lagi. Tapi kali ini, saya juga sekalian mengurus 3 visa keluarga saya.

Informasi tentang visa Taiwan bisa dilihat di sini.  Apa saja persyaratan yang harus disiapkan untuk membuat visa turis bisa dilihat di sini. Untuk pegawai, perlu menyertakan surat keterangan kerja dari kantor. Namun, dua anggota keluarga saya bukan pegawai kantor, tapi buka usaha sendiri. Jadi saya membawa SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) mereka, dan ternyata dokumen ini memang diminta untuk disertakan. Sedangkan untuk booking tiket pesawat dan hotel tidak diminta, dan memang tidak tertulis dalam list persyaratan di atas.

Jam buka pendaftaran visa di kantor TETO adalah 08.30. Waktu itu saya datang hari Senin, tiba jam segituan, dan tidak ada antrian. Segera setelah dokumen diserahkan dan biaya dibayarkan, saya langsung pulang. Mungkin cuma 5-10 menit di kantor TETO. Kata petugasnya, hari Rabu (berarti 3 hari kerja ya) visa sudah bisa diambil. Hanya saja saya baru sempat datang hari Kamis. Untuk jadwal pengambilan, mulai buka jam 13.30.

Tak lupa, sebelum meninggalkan TETO, saya keluarkan handphone, buka app kamera, dan jepret…

IMG_20180604_085945544

(Terlihat ramai saudara-saudara kita yang akan bekerja sebagai TKI).

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s