Mengurus SHGB menjadi SHM di Kabupaten Tangerang

img_20190123_083745499[1]

Artikel kali ini ditulis untuk sharing pengalaman sekaligus apresiasi terhadap pelayanan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang yang sangat baik. Saya mengurus Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB, atau disingkat HGB) menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM) secara mandiri tanpa menggunakan jasa notaris. Kalau pakai jasa notaris, harganya mungkin sampai sejuta atau lebih. Kalau bisa meluangkan waktu untuk mengurus sendiri, harganya jauh lebih murah. Prosesnya mudah dan cepat.

Kantor BPN Kabupaten Tangerang berlokasi di Tigaraksa. Kantor BPN ini berada di dalam kawasan kantor pemerintahan Kabupaten Tangerang. Kebetulan selain ke kantor BPN, saya juga mengurus dokumen di Kantor Disdukcapil. Jadi sekalian deh…

Tanggal 22 Januari 2019 saya datang ke kantor BPN. Saya tiba jam 09.00. Begitu buka pintu kaca, mata saya scanning isi sekeliling ruangan. Saat itu masih sepi. Hanya ada satu dua orang pengunjung. Layout ruangan cukup modern dengan sederet counter yang bernomer. Ruangan adem, nyaman, dan harum layaknya bank. Dekat pintu masuk ada bapak petugas yang jaga mesin antrian. Saya kasih tau keperluan saya untuk mengurus HGB menjadi SHM. Lalu si bapak dengan fasihnya menyebutkan syarat-syarat dokumen satu per satu. Sudah di luar kepala, pasti sudah biasa menghadapi orang yang mengurus HGB ke SHM. Saya lupa mencatat apa saja dokumen yang diperlukan, tapi seingat saya ini:

  1. Sertifikat HGB asli
  2. IMB dan fotocopy (IMB biasanya diberikan oleh developer)
  3. KTP asli dan fotocopy
  4. Bukti pembayaran PBB terakhir. Ingat bukan hanya lembar tagihan PBB yang warna ungu itu ya. Tapi juga bukti pembayaran yang dicetak oleh bank atau Alfamart saat kita melakukan pembayaran
  5. Materai 6000 satu lembar
  6. Untuk jaga-jaga jika ditanyakan, mungkin bawa juga Akta Jual Beli dan Kartu Keluarga

Setelah diperiksa kelengkapan dokumen, langsung diarahkan ke salah satu counter. Petugas di counter lakukan verifikasi dokumen-dokumen tersebut. Setelah itu, saya diberikan map dan formulir yang perlu diisi.  Nah agak gampang-gampang susah isi formulirnya karena ada isian nomer yang mengacu ke sertifikat. Untungnya si bapak yang jaga mesin antrian tersebut datang dan menawarkan bantuan mengisi formulir tersebut. 5 menit sudah selesai diisi. Kemudian saya dikasih nomer antrian. Saat itu nomer saya yang terdepan, jadi saya langsung ke counter lagi untuk menyerahkan map dan formulir yang telah diisi. Setelah itu saya diberikan lembar billing membayar sebesar Rp. 50.000. Pembayaran dilakukan di loket pembayaran dalam ruangan yang sama. Saat itu saya membayar menggunakan kartu Debit Mandiri. Di loket sudah tersedia mesin EDC, jadi tinggal gesek dan masukkan kode billing. Ini dibantu oleh petugas loket. Setelahnya, petugas memberikan bukti pembayaran yang saya serahkan ke counter sebelumnya. Kemudian petugas counter memberikan lembar tanda terima, yang akan ditunjukkan pada waktu pengambilan sertifikat. Petugas memberi tahu bahwa sertifikat akan selesai sekitar jam 3 sore. Tapi saya memutuskan untuk mengambil besok paginya saja.

Besok pagi saya tiba di kantor BPN sekitar pukul 08.30, dan memasukkan lembar tanda terima ke loket pengambilan. Setengah jam kemudian, nama saya dipanggil. Petugas minta saya tunjukkan KTP untuk memastikan benar-benar saya adalah pemilik sertifikat yang akan diambil. Jadi jangan lupa bawa KTP ya. 

Petugas kemudian menyodorkan sebuah sertifikat yang adalah SHM sayaaaaa.. 🙂 Petugasnya menjelaskan dengan pelan-pelan bahwa SHGB sudah diubah jadi SHM. Di situ saya baru tahu bahwa Sertifikatnya masih sama. Hanya tulisan HAK GUNA BANGUNAN dicoret dan diganti HAK MILIK. Nomer sertifikat juga dicoret dan ditambahkan nomer yang baru. HGB sudah jadi SHM.. Legaaaaa…!

img_20190123_083823720[1]

img_20190123_084358300[1]
Tersedia juga counter untuk disabilitas
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s